Home » , , , , » 19 Karakteristik Seorang Wirausaha Terbaik

19 Karakteristik Seorang Wirausaha Terbaik


Apabila Anda ingin menjadi seorang wirausaha tentu Anda harus mengetahui definisi wirausaha, berikut penjelasannya. Wirausaha merupakan seseorang yang mampu merancang dan menciptakan suatu gagasan realita yang dapat di proses dari mengidentifikasi, mengembangkan, serta dapat membawa visi ke dalam kehidupan. Lalu karakteristik merupakan sebuah kualitas tententu dari sifat atau ciri khas yang melekat pada seseorang. Oleh karena itu di dalam wirausaha kita harus mempunyai 19 karakteristik seorang wirausaha terbaik yang akan membuat usaha Anda sukses. 

1.  Memiliki Sifat Jujur
Apabila Anda ingin menjadi seorang wirausaha pasti dibutuhkan sifat jujur. Jujur itu cangkupannya luas, mulai dari jujur kepada diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar (masyarakat), dan karyawannya. Jujur dalam arti harus mengatakan mengatakan sejujurnya yang terjadi. Apabila Anda tidak jujur maka Anda seorang penghianat. Kejujuran adalah sebuah amanah yang harus Anda jalankan.

2.  Memiliki Sifat Disiplin
Sifat seorang wirausaha adalah disiplin karena disiplin dalam arti taat kepada aturan yang berlaku, apabila Anda sepenuh hati disiplin makan Anda terus bergerak dapat motivasi kepada diri Anda.

3.   Harus Bertanggungjawab
Apabila kita ada suatu tantangan, tugas, permasalahan atau semacamnya maka kita lewati saja. Kita harus bertanggungjawab dalam melaksanakannya, harus menyelesaikannya. Jangan pernah menyerah atas rintang yang bisa Anda atasi dengan penuh tanggungjawab.

4.  Harus Percaya Diri
Dalam berwirausaha Anda harus mempunyai sifat yang percaya diri, karena Anda selalu bertemu dengan banyak orang jika dalam berwirausaha. Harus mempunyai percaya diri yang kuat supaya usaha Anda pun tidak goyang.

19 Karakteristik Seorang Wirausaha Terbaik

5.  Memiliki Jiwa Seorang Kepemimpinan
Di dalam berwirausaha memang sangat dibutuhkan jiwa kepemimpinan karena Anda harus memimpin karyawan Anda untuk usahanya sukses, jangan pernah bimbang jika Anda menjadi seorang pemimpin. Mulai lah dari mimpin sendiri baru Anda bisa memimpin orang lain.

6.  Berani Mengambil Resiko Apa Pun
Dalam sebuah tantang atau pun pilihan pasti Anda harus berani dalam mengambil keputusan karena sebuah keputusan ada di Anda, tindakan apa yang harus Anda ambil.

7.  Mempunyai Mimpi
Setiap orang mempunyai mimpi, apa lagi Anda seorang wirausaha harus mempunyai mimpi usaha Anda sukses. Supaya mewujudkan mimpi Anda, Anda juga harus mempunyai sebuah visi dan misi.

8.  Memiliki Jiwa Mengabdi
Seorang wirausaha terbaik pasti mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya karena mengabdi kepada bisnisnya akan menghampiri sebuah kesuksesan, dalam mengabdi jangan pernah mengenal lelah ya.

9.  Mempunyai Tekad Yang Kuat
Sebagai seorang wirausaha tentu harus mempunyai tekad yang kuat, jangan menyerah begitu saja apabila Anda di hadapi oleh sebuah persoalan. Semua persoalan dapat diatasi apabila Anda mempunyai tekad yang kuat.

10. Mempunyai sifatTegas
Anda harus mempunyai sifat yang tegas supaya tidak ada yang dapat mengubah keinginan Anda, harus tegas dalam mengambil keputusan dan harus diperhitungkan semuanya.

11. Memiliki Jiwa Prestasi Tinggi
 Memiliki jiwa prestasi tinggi merupakan sebuah nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan secara pribadi.

12. Realistis
realistis yaitu sebuah cara berpikir yang penuh perhitungan dan sesuai dengan kemampuan, sehingga Anda mempunyai gagasan yang akan diajukan bukan hanya angan-angan atau mempi belaka. Menjadi seorang wirausaha harus mempunyai cara berpikir yang realistis jangan hanya sebuah angan-angan tetapi tidak dilaksanakan.

19 Karakteristik Seorang Wirausaha Terbaik
13. Mandiri
Menjadi seorang wirausaha sehendaknya mandiri atau tidak bergantung kepada orang lain supaya Anda dapat berinovasi dan berkreasi dengan kemampuan Anda sendiri karena wirausaha dituntut untuk selalu menciptakan hal baru.

14. Selalu Mencari Peluang
Berwirausaha harus mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri atau untuk karyawan yang usaha bersama Anda karena itu sebuah peluang Anda dalam menanggapi hal positif.

15. Komitmen
Anda harus komitmen dalam mengambil sebuah keputusan karena apabila Anda setengah-setengah maka Anda akan menanggung resikonya.

16. Etos Kerja
Etos kerja merupakan sebuah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Anda harus mempunyai etos kerja dalam menjalani usaha yang akan kerjakan secara sungguh-sungguh.

17. Memiliki Kreativitas Tinggi
Kreativitas merupakan menciptakan sesuatu dari yang asal mulanya tidak ada. Kreativitas dan inovasi Anda harus aktif karena sangat berperan penting dalam wirausaha.

18. Tekun
Dibutuhkan sebuah ketekunan dalam berwirausaha karena harus tekun mencari ide-ide yang baru supaya usaha Anda sukses.

19. Berorientasi Ke Masa Depan
Sebagai seorang wirausaha harus mempunyai tujuan atau visi ke depannya apa yang Anda inginkan dan lakukan, mendirikan suatu usaha tidak hanya bersifat sementara tetapi untuk selamanya. Anda harus mempunyai rencana usaha yang bagus dan tepat dan mempunyai strategi yang matang supaya langkah-langkah mencapai sukses tertuju.

Itu merupakan 19 karakteristik seorang wirausaha terbaik, tetapi apabila Anda ingin mejalankan sebuah bisnis, maka ada juga bisnis yang harus Anda ketahui yaitu seuah bisnis rumahan yang dapat Anda hasilkan puluhan juta perbulan, berikut ulasannya disini Peluang Bisnis makanan Organik, Bisnis Rumahan Hasil puluhan jutaan.









1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat. Ayo kita Diet Melilea, salah satu metode diet dengan Makanan organik bintang 5, saya suka sekali artikel tentang bisnis, peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus